SELAMAT HARI JADI SITUBONDO KE-195, SEMANGAT MEMBANGUN BERSAMA UNTUK KESEJAHTERAAN BERSAMA

Jumlah Tamu :

SMS GRATIS

Pengikut

free counters

Selamat Datang

PENGAYUH BECAK DALAM CENGKRAMAN KEMISKINAN



Menyusuri kota Situbondo, pasti tak asing pemandangan di sepanjang jalan protokol. Dimana deretan ‘abang becak’ dengan penampilan ala-kadarnya mewarnai pinggiran jalan Kota SANTRI ini. Mereka cenderung memilih tempat strategis disekitar terminal, pasar, kompleks pertokoan, kantor publik dan sekolah. Sambil menunggu penumpang, pengayuhnya pun bersantai tiduran di kursi penumpang kendaraan beroda tiga ini. Terlihat 3-4 orang tampak asyik bercanda gurau sembari menunggu penumpang dengan bermain kartu. Begitulah sepintas memperhatikan penampilan pengayuh becak di sekitar kota Situbondo.
Keberadaan mereka dari tahun-ketahun tak pernah hilang dari peredaran, maklum tak ada batasan pensiun. Jika berkenan-pun dapat memperpanjang masa jabatan sampai seumur hidup. Bukannya serakah dengan maksud menikmati fasilitas seperti kepala dinas, namun profesi pengayuh becak tergantung kemampuan fisik mengayuh menghantarkan muatan orang / barang sampai ditujuan.
Tragisnya, menurut sebagian dari mereka, nasib profesi ini semakin tak jelas dengan bergesernya alat transportasi manual ditengah masyarakat menuju kendaraan bermotor. Selain geliat ekonomi mikro mulai meningkat, tak terbendungnya jumlah sepeda motor juga dengan mudahnya fasilitas kredit. Jalananpun semakin hari semakin dipadati alat transportasi pribadi ini sebagai kendaraan sehari-hari beraktifitas, meskipun dinamika kepemilikan motor melalui fasilitas kredit akhirnya menyisakan masalah baru dengan keluhan masyarakat akan perampasan yang kemudian berujung konflik dengan debt-collector karena tidak diimbangi dengan pendapatan masyarakat. Ribuan sepeda motor, ratusan mobil setiap bulannya tersebar seantero Situbondo seolah menggeser popularitas alat transportasi beroda tiga yang bertenaga manusia ini. Tidak hanya ‘trayek’ jauh, jarak dekatpun akhirnya masyarakat lebih memilih menghubungi rekan-famili untuk dijemput dengan kendaraan pribadi.
Semakin kritis nasib pengayuh becak walau mencoba bertahan dengan penghasilan mereka yaitu rata-rata Rp 15.000,- perhari. Terlebih  mereka harus menghidupi anak-istri dan keluarganya. Tingginya angka inflasi akibat kenaikan harga BBM kondisi merekapun semakin terhimpit sisi ekonomi. Karena ditengah aktifitas mencari penghasilan dengan becaknya mereka juga harus bon rokok dan minum di warung karena tidak satu-pun penumpang didapatkan. Sangat memprihatinkan realitas ‘abang becak’ di Kabupaten yang konon pernah mengantarkan jeragan pemilik puluhan becak Naik Haji dan membangun rumah ketika usaha pangkalan becak sedang ‘berjaya’.  
Daerah ini seperti terjangkit syndrome antipati, kehilangan kepedulian terhadap nasib profesi buruh becak  dengan kondisi yang jelas butuh perhatian pemerintah. Walau kadang terlampau bercita-cita tinggi untuk pembangunan sarana, prasarana, menyusun konsep ekonomi makro, investasi sampai kegiatan pembangunan yang cenderung bernuansa proyek yang tak jelas orientasinya. Padahal, buruh becak selalu menjadi objek politik busuk bagi Caleg (calon legislatif) dalam Pemilu dan Cabub-Cawabub saat Pemilukada. Mereka selalu ‘dielus-elus’ untuk mendukung dalam pencalonan mereka, karena dinilai jumlahnya cukup signifikan guna perolehan suara untuk menduduki kursi panas kekuasaan. 
Apapun rasionalisasi yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Situbondo khususnya, kondisi kemiskinan ditinjau dari satu profesi (buruh becak) merupakan problem yang segera diperoleh penyelesaiannya. Paling tidak, pemerintah daerah tidak menafikan keberadaan landasan regulasi Undang Undang Dasar 1945 dimana pasal 34 Ayat 1 berbunyi “Fakir Miskin dan anak terlantar dipelihara oleh Negara”, PP Nomor 15 Tahun 2010 tentang Percepatan penanggulangan kemiskinan. Dengan kondisi sulit yang dialami oleh ‘abang becak’ menjadi pemandangan yang dibiarkan oleh pemerintah dan kita semua.
Pertama, Seperti yang tertuang dalam PP Nomor 15 Tahun 2010 beberapa strategi percepatan meliputi ; mengurangi pengeluaran masyarakat, meningkatkan kemmapuan dan pendapatan masyarakat miskin, mengembangkan dan menjamin keberlanjutan usaha mikro dan kecil, mensinergikan kebijakn dan program penanggulangan kemiskinan.
Kedua, Sudah saatnya momentum ini kita mulai menseriusi pelaksanaan penanggulangan kemiskinan secara signifikan demi mengangkat harkat masyarakat. Mereka merupakan bagian warga Negara yang memiliki hak yang sama dalam menikmati hasil kekayaan dan sumber daya alam yang dikelola pemerintah. Sewajarnya mereka menerima sebagian kekayaan itu dalam bentuk pogram nyata guna mengeluarkan mereka dari rantai kemiskinan yang tak kunjung mereka keluar dengan kemampuan sendiri.
Ketiga, Profesi pengayuh becak perlu dievaluasi keberadaannya. Mengingat tenaga manusia untuk dieksploitasi sudah tidak relevan lagi di era modern yang serba mesin. Adapun membantu penggunaan alat transportasi yang lebih bermartabat seperti layaknya Bentor (Becak Motor) atau Bemo type ramah lingkungan mulai dikaji dan kemudian digunakan untuk merevitalisasi alat transportasi pengganti becak di Situbondo.
Walau terasa sangat melelahkan, bagi mereka profesi pengayuh becak adalah pilihan terakhir dibandingkan menganggur dirumah karena sulitnya mencari lahan pekerjaan lain. Dan alternatif bantuan alat transportasi yang lebih layak tentunya sangat ditunggu diusia pengayuh becak yang semakin rentah. Sehingga fasilitas jalan ber-aspal tidak hanya dinikmati mereka yang bermobil mewah, tapi juga dinikmati mereka yang berada dalam cengkraman diketidak jelasan perhatian pemerintah.

Komentar :

ada 9 komentar ke “PENGAYUH BECAK DALAM CENGKRAMAN KEMISKINAN”
Anonim mengatakan...
pada hari 

beats by dr dre pizscsua beats by dre dgzujcds beats dr dre fjkdzdfm beats for sale xniovexf beats headphones geuszfxr cheap monster beats wyymonwq dr dre beats ouzzrvnl dr dre headphones khurqkbs monster beats by dre fovtyvkp monster beats headphones szscowob monster beats myofbsez monster headphones tzqubnxs

Anonim mengatakan...
pada hari 

ghd hair straightener onowqqlc ghd australia vukxwppa ghd hair straighteners nskliubf

Anonim mengatakan...
pada hari 

mantap, lanjutkan/..

Anonim mengatakan...
pada hari 


Доставка алкоголя якутск

Anonim mengatakan...
pada hari 

https://clck.ru/SHf5F - Meet, be inspired, communicate and continue flirting! Follow the link

https://clck.ru/SHf5F
- Dating and sex without obligation in your city

[URL=https://hot-desire.com/T1kMpvjB][IMG]https://i114.fastpic.ru/thumb/2020/1204/b1/02712662062ffe965721ac01610c99b1.jpeg[/IMG][/URL]


@=@=@=

Anonim mengatakan...
pada hari 

"Greetings! Very useful advice within this post! It's the little changes that will make the greatest changes. Thanks for sharing!"
דירות דיסקרטיות בחיפה

Anonim mengatakan...
pada hari 


Работа в Перекрёстке Курск

Anonim mengatakan...
pada hari 

This is a unique place for fashionable women's clothing and accessories.
We offer our clients women's clothing, jewelry, cosmetics and health products, shoes, bags and much more.
https://fas.st/Ujfha

Anonim mengatakan...
pada hari 

אלקסיס אמריקאית חדשה במרכז הארץ ברמה גבוהה ביותר תגיע לביתך או לבית מלון בכל זמן…

מרינה היא נערת ליווי שובבה. היא אישה מלאת חיים שתהפוך את המפגש שלך איתה למשהו…

נערות ליווי במרכז נערות ליווי בנתניהנערות ליווי בנתניה בישראל

מעסות חמות מזמינות אותך אל מקום מפואר בראשון לציון. בוא ותבין מה זה בודי מטריף…

אלקסה אוהבת סקס וגברים ישראלים, והיא אוהבת את העבודה שלה במיוחד ... בחורה משוחררת וליברלית…

הבלונדינית האקזוטית הזו היא כל מה שאתה רוצה כשאתה מדוכא או מבואס. אז, אתה מוכן?

אישה סקסית עם גוף הורס מחכה לך בבאר שבע. בוא לעשות חיים עוד היום, מגיע…

עיסוי אירוטי בירושלים עיסוי ארוטי בבית שמשעיסוי ארוטי בבית שמש

חדש חדש באילת פרטי פרטי פרטי. ישראלית צברית מארחת אצלי בדירה באווירה רומנטית לאור נרות, אחד על אחד אני ואתה ללא שותפות

הדוגמנית הכי מקסימה לשעות ללא מעצורים. אל תחמיץ אותה, לזמן מוגבל בלבד. להזמנות לבית או…

חיי הלילה בערים גדולות בארץ יכולים להעיד לא מעט על מאפייני המקום. לא בכל עיר יש חיי לילה תוססים ורבים נאלצים לנסוע שעות ארוכות כדי להזמין שירותי ליווי. מהבחינה הזו אשקלון היא בהחלט עיר שראויה לציון.

נערות ליווי בגבעתיים לסקס לוהט כמו בסרטים הכחולים . צפה בנערות ליווי בגבעתיים עם רוסיות צעירות וישראליות סקסיות וליברליות.

ביאנקה גרמניה חדשה בישראל. עובדת במרכז הארץ והשרון. יכולה להגיע לביתך או לבית מלון בכל…

סונקה היא בחורה שכל כולה רק כיף כיף כיף היא תגרום לך להרגיש הכי טוב…
https://israelnightclub.com/%D7%9C%D7%99%D7%95%D7%95%D7%99/

Adsense Indonesia
Adsense Indonesia
 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ari Cahyadi