SELAMAT HARI JADI SITUBONDO KE-195, SEMANGAT MEMBANGUN BERSAMA UNTUK KESEJAHTERAAN BERSAMA

Jumlah Tamu :

SMS GRATIS

Pengikut

Selamat Datang

LSM Situbondo Merapatkan Barisan



Menjadi agen aspirasi, itulah yang tugas yang diemban LSM sebagai gerakan control social. Mengira tantangan ke depan akan lebih berat, sejumlah LSM merapatkan barisan. Dengan semakin kompleks permasalahan Kabupaten Situbondo dari persoalan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan sehingga APBD yang selalu terjadwal lamban. Dampak yang jelas ditimbulkan tentu adalah pembangunan dan pelaksanaan kegiatan di seluruh SKPD di Jajaran Pemerintah Kabupaten Situbondo.
Dasar pemikiran inilah sehingga sejumlah LSM di Kabupaten Situbondo membuat wadah tunggal yang diberi nama Gerakan Masyarakat Situbondo (GEMA Situbondo). GEMA Situbondo melaksanakan Deklarasi dalam menyatukan tekad bulatnya untuk mengawal dalam hal 3 poin sikap ; 1. Mengawal pemerintahan yang demokratis berkeadilan, 2. Mengawal APBD agar berpihak kepada rakyat, 3. Menjadi kekuatan terdepan dalam mengawasi perencanaan dan pelaksanaan APBD Kabupaten Situbondo.
Deklarasi dan penandatanganan komitmen ini dilaksanakan tepat pukul 10 tanggal 10 Oktober 2010, bertempat di Makam pahlawan kota Situbondo. Hal ini sekaligus melakukan ziarah untuk mengenang jasa para pejuang kemerdekaan yang telah mengorbankan harta benda bahkan jiwa mereka untuk kemerdekaan Indonesia.
GEMA Situbondo terdiri dari 17 LSM yaitu; LSM NAUNGAN, LSM Transparansi, LSM HAMAS, LSM Wahana Mandiri, LSM LP2ES, LSM KOREKSI, LSM EMAS, LSM Laskar Pelangi Nusantara, LSM LPK Nasional, LSM FKPSS, LSM LACAK, LSM LKI, LSM SAKERA, LSM LIPPD, LSM FORMACIDA, LSM FMI. Dengan harapan besar untuk membangun bersama stake holder yang ada di Kabupaten Situbondo, gerakan ini akan terus mengawal dalam rangka optimalisasi pembangunan dan sinergitas antar Legislatif dan Eksekutif yang di pandang selama ini kurang maksimal.
Penandatanganan selesai, disambung dengan menyampaikan misi masing-masing ketua LSM mengapa bergabung dalam satu wadah bersama. Seperti yang disampaikan Ketua LSM Transparansi, "Mengapa Situbondo tetap tidak maju, malu kita dikatakan Kabupaten termiskin No. 3 di jawa Timur". Sebagian besar pernyataan misi masing-masing LSM, berharap akan terjadinya perubahan yang signifikan di Kabupaten Situbondo. Karena harapan itu sangat di impikan oleh seluruh masyarakat Situbondo. Denan Pemimpin baru paling tidak visi misi yang dijanjikan dapat di realisasikan.
Selain dari poin komitmen tersebut seluruh 17 LSM juga akan mengawal Impelementasi Undang undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. "Paling tidak Perda, Perbub dan produk kebijakan daerah harus dibuka kepada rakyat, agar semua tahu dan semua bisa melakukan kontrol", tegas Agus Ketua LSM Naungan. Selama ini mereka menganggap produk hukum daerah kurang terpublikasi dan sulit untuk mendapatkan data sebagai dasar pelaksanaan monitoring kebijakan pemerintah. Dengan adanya wadah ini LSM yang tergabung berjanji akan solid dalam mengawal Situbondo kedepan sebagaimana yang diharapkan masyarakat.

Komentar :

ada 4 komentar ke “LSM Situbondo Merapatkan Barisan”
Anonim mengatakan...
pada hari 

Hi,

Luck is positive or bad fortune in life created by accident or chance. [url=http://feellucky.org]I'm feeling lucky[/url]. What about you ?

Feeling splendid ?

Anonim mengatakan...
pada hari 

car disney mat car hire in swindon honda 125 elite scooter auto tech lansing beary smart

Anonim mengatakan...
pada hari 

auto union car auction apollo theatre seat plan getting a car loan without a job auto blok symbian smart phone show

Anonim mengatakan...
pada hari 

Saya mau tanya sama Bapak Admin blog ini, di Situbondo kita ini ada LSM Pandu nggak pak? Makasih sebelumnya

 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ari Cahyadi